Makanan

NASI PECEL

z3-nasi-pecel-madiun
Baiklah sekarang kita akan membahas tentang makanan khas yang ada di kota Madiun, jika berbicara tentang kota Madiun biasanya tidak akan jauh-jauh dari kata Nasi Pecel.

Nasi Pecel yang berada di kota Madiun agak sedikit berbeda dari nasi pecel yang berada di daerah lainnya, karena nasi pecel madiun menggunakan Kembang Turi dan Lempeng. Sedangkan di daerah lain, biasanya nasi pecel mereka menggunakan rempeyek.

dan juga, Nasi Pecel Madiun lebih nikmat jika dihidangkan di atas pincuk (piring yang terbuat dari daun pisang) dan lebih sedap lagi kalau memakannya langsung saja menggunakan tangan, atau bahasa jawanya “Muluk”.

Biasanya pecel juga dimakan dengan lauk tambahan seperti empal dan telor dll.

 

BREM

Jika kalian sedang bermain ke kota Madiun, tentu saja kurang menarik bila kalian belum membawa pulang oleh-oleh yang satu ini.brem
Brem adalah makanan tradisional yang sejenis seperti kue kering yang terbuat dari sari beras ketan. Makanan yang satu ini berbentuk kotak dan ada yang bulat dan berwarna putih dengan rasa yang sangat khas. Brem merupakan makanan khas yang berada di daerah Madiun. Rasa dari brem yang khas membuat makanan ini sangat disukai banyak orang, baik masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Madiun.

 

 

MaduMongso 

Makanan yang berwarna hitam serta dibungkus kertas warna warni seperti permen ini adalah makanan yang terkenal di kota Madiun. Makanan ini terbuat dari tape ketan yang difermentasi dengan bantuan ragi, sama seperti saatmadumongso-madiun kita membuat tempe atau tape. Pada awal kalian memakannya  memang terasa manis, tapi setelah beberapa menit rasanya akan menjadi asam karena adanya asam cuka. Bahan dasar dari Madumongso adalah dari beras ketan hitam kualitas super yang harus dipoles (jawa: disosoh) terlebih dahulu, untuk menghilangkan kulit arinya yang kasar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *